Manfaat Buah Anggur - Resep Masakan

Manfaat Buah Anggur


Mungkin tidak banyak dari kita yang mengetahui secara mendalam manfaat dari buah anggur. Selain rasanya yang manis, buah ini mengandung banyak senyawa yang dikenal sebagai polifenol dan resveratol yang aktif dalam berbagai metabolisme tubuh.

Namun baru-baru peneliti di Universitas Barcelona dan CSIC (Spanyol Dewan Riset Nasional) menemukan manfaat lain dari buah anggur. Mereka mengklaim, senyawa tertentu hadir dalam anggur dapat melindungi kulit dari paparan radiasi sinar berbahaya matahari UV.

Studi ini menemukan bahwa zat yang terkandung dalam anggur dapat menurunkan tingkat kerusakan sel pada kulit dari radiasi sinar matahari dapat menyebabkan kanker kulit. Telah diketahui bahwa paparan sinar UV akan mengubah kulit atau spesies oksigen reaktif (ROS) yang menyebabkan oksidasi makromolekul pada DNA dan lipid. Dengan demikian, pada akhirnya akan memungkinkan reaksi enzim tertentu yang menyebabkan kematian sel.

Manfaat Anggur Untuk Pelindung Kulit Dari UV. Para peneliti mengamati bahwa zat tertentu diekstraksi dari buah anggur polifenol dapat menghambat pembentukan ROS bahwa sel-sel epidermis telah terkena gelombang panjang (UVA) dan gelombang menengah (UVB). Berdasarkan studi ini, peneliti akhirnya menyimpulkan bahwa senyawa polifenol dapat membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari.

Menurut peneliti, sejumlah produk perawatan kulit kosmetik sudah menggunakan anggur sebagai bahan dasar pembuatan, tetapi mereka tidak sepenuhnya memahami proses. Para peneliti berharap temuan ini akan terus dikembangkan agar manfaat masa depan buah anggur dapat dimanfaatkan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Anggur"

Post a Comment