Cara Agar Perlengkapan Dapur Lebih Awet - Resep Masakan

Cara Agar Perlengkapan Dapur Lebih Awet

Bagi seorang yang hobi masak, keberadaan perlengkapan dapur tentunya sangat penting. Semakin moderen perlengkapan dapur tersebut semakin mengasyikkan kegiatan memasak. Apalagi kehadiran wajan dan panci anti lengket membuat kegiatan memasak menjadi lebih mudah. Bahan antilengket pada perlengkapan dapur membuat masakan Anda tidak akan rusak.

Namun, keasyikan memasak tidak diimbangi kesenangan ketika harus membersihkan perlengkapan dapur. Bahan anti lengket terkadang membuat orang sangat berhati-hati membersihkannya. Hal ini malah membuat proses pembersihan perlengkapan dapur tersebut justru tidak maksimal.

Perlu sedikit kecermatan agar wajan dan panci ataupun perlengkapan dapur lain yang berbahan anti lengket  tetap awet dan lapisan anti lengketnya tidak hilang. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk membersihkan perlengkapan dapur seperti wajan dan panci berbahan anti lengket.

Pertama, coba cuci perlengkapan dapur seperti wajan atau panci dengan air sabun. Gosoklah perlahan dengan menggunakan sisi halus spons atau sabut. Jangan lakukan langsung dalam keadaan anti lengket masih panas. Sebaiknya diamkan dulu hingga dingin baru lakukan pencucian. Laku, hindarilah merendam perlengkapan dapur yang memiliki lapisan anti lengket terlalu lama dalam air karena malah akan mempercepat rusaknya lapidan anti lengket.

Penggunaan deterjen yang berlebihan juga bisa membuat lapisan antilengket pada perlengkapan dapur Anda cepat rusak. Oleh karena itu, gunakanlah deterjen secukupnya lalu bilas dengan air dan segera keringkan. Pilihlah juga deterjen yang cair atau seperti krim karena memiliki tekstur lembut dan tidak menggores permukaan perlengkapan dapur seperti wajan.

Apabila kerak menempel di perlengkapan dapur seprti wajan dan lain-lain, jangan sekali-kali mencucinya dengan abu gosok atau sikat yang kasar. Hal ini bisa menyebabkan antilengket yang melapisi perlengkapan dapur mengelupas dan malah bisa membahayakan kesehatan. Dalam pemakaiannya, hindarilah memasak dengan menggunakan perlengkapan dapur yang memakai bahan besi seperti sutil atau spatula. Hal ini bisa menyebabkan anti lengket tergores dan rusak.

Antilengket yang melapisi perlengkapan dapur seperti wajan dan panci mudah menyebarkan panas cecara merata, maka selalu gunakan api kecil atau sedang. Hal ini akan menghemat  persediaan gas Anda selain bisa membuat perlengkapan dapur Anda yang ber-anti lengket tahan lama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Agar Perlengkapan Dapur Lebih Awet"

Post a Comment