Membersihkan Dapur - Resep Masakan

Membersihkan Dapur


Membersihkan dapur sepertinya merupakan hal sepele, tapi sebenarnya membersihkn dapur sangatlah penting bagi Anda.
Ada penelitian yang menyebutkan kalau di dapur, tempat Anda menyiapkan makanan biasanya ditemukan lebih banyak  bakteri penyebab penyakit dibandingkan di kamar mandi. Kita terkadang lalai membersihkan dapur karena menganggap tempat ini bersih. Padahal sisa makanan mentah yang tidak dibersihkan atau makanan yang sudah membusuk juga bisa jadi sarang berkembang biaknya bakteri. Berikut  ini adalah cara bagaimana agar dapur tidak menjadi sekotor toilet.

1.Sisa makanan harus dimasukkan segera ke lemari es. Jika dibiarkan pada suhu ruang bebas, bakteri pada makanan dapat berkembang biak secara cepat.

2.Konsumsi sisa makanan dalam waktu tiga sampai lima hari.
Jika belum habis juga segera buang.

3.Cusi telenan Anda dengan seksama terutama yang habis digunakan untuk memotong daging mentah. Pisahkan dengan peralatan dapur lain dan bersihkan dengan air panas bersabun. Sebisa mungkin gunakan 2 telenan, satu untuk memotong daging mentah dan satu lagi untuk memotong sayuran dan bumbu dupur.

4.Jangan gunakan lagi telenan yang sudah bergurat dalam, karena bakteri bisa bersembunyi didalam guratan dan sulit dibersihkan.

5.Jangan gunakan serbet untuk mengelap sisa daging mentah di tangan Anda. Jika serbet ini digunakan untuk mengelap tangan  orang lain, bakteri dapat berpindah ke tangannya. Jika serbet  terkena air daging mentah, segera cuci dengan air hangat dan sabun.

6.Setelah selesai memasak, segera lap  semua permukaan dapur Anda dengan pembersih dapur yang dijual bebas.

Demikian tips cara membersihkan dapur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membersihkan Dapur"

Post a Comment