Makanan Yang Menyehatkan Mata - Resep Masakan

Makanan Yang Menyehatkan Mata

Melalui organ yang bernama mata, kita menatap dunia. Lewat mata pula, perasaan seseorang bisa diterka, seperti organ tubuh lainnya mata sungguh  anugerah ajaib. Namun kadang-kadang kita lena menjaga kesehatan sepasang bola mata. Kita sering memaksakan menatap layar computer beralama-lama. Kita juga sering pula lupa mengatur  pola makan kita untuk membantu kinerja mata.

Ada banyak makanan yang menyehatkan disekitar kita yang dapat membantu merawat kesehatan mata. Harga untuk menikmatinya juga relatif terjangkau. Malah, ada beberapa jenis sayuran yang  bisa kita tananm dihalaman rumah. Jadi, untuk mandapatkan makanan yang menyehatkan tak perlu memikirkan makanan yang  mahal-mahal.

Makanan yang menyehatkan mata yang mudah ditemukan adalah telur. Dalam   pengujian, telur terdapat banyak menyimpan asam amino, belerang lesitin, sistein, dan lutein yang melindungi mata dan lensanya dari ancaman katarak.

Selanjutnya, ikan juga merupakan makanan yang menyehatkan mata. Penghuni air ini memiliki kadar DHA yang tinggi. DHA merupakan zat yang mendukung struktur pada membrane sel. Mengonsumsi ikan amat disarankan untuk orang yang mengalami mata kering atau degenerasi macula. Jenis ikan yang kaya kandungan DHA antara lain tuna, cod, salmon, sarden, dan makarel.

Makanan yang menyehatkan mata berikutnya adalah dari keluarga buah. Anggur dan blueberry adalah contohnya. Kedua buah itu menawarkan zat anthocyanin yang diyakini dapat memperkuat pandangan mata di malam hari.

Makanan yang menyehatkan dari kelompok sayur-mayur, wortel menjadi paling popular untuk mendukung kejernihan mata. Wortel kaya kandungan beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh manusia. Beta karoten juga berperan sebagai anti oksidan untuk melawan beberapa jenis kangker.

Sumbangan zat yang terdapat pada makanan yang menyehatkan mata juga diberikan oleh bawang putih dan bawang merah. Bahan bumbu dapur ini mempunyai kandungan sulfur yang tinggi. Sulfur digunakan untuk memproduksi glutation alami, anti oksidan yang penting untuk lensa mata.

Tanaman hijau yang bisa tumbuh dihalaman rumah dan bermanfaat bagi mata adalah bayam dan kangkung. Sayuran ini menyediakan unsur karotenoid lutein dan zeaxathin. Pigmen kuning lutein membantu melindungi makula dari cahaya biru dan sengatan sinar matahari.
Demikian beberapa makanan yang menyehatkan mata,semoga ertikel ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Yang Menyehatkan Mata"

Post a Comment